E COMMERCE


Merupakan  jual beli elektronik. Secara didefinisikan sebagai segala bentuk transaksi perdagangan/perniagaan barang atau jasa (trade of goods and service) dengan menggunakan media elektronik. Jelas, selain dari yang telah disebutkan di atas, bahwa kegiatan perniagaan tersebut merupakan bagian dari kegiatan bisnis.
e-commerce merupakan suatu set dinamis teknologi, aplikasi dan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen dan komunitas melalui transaksi elektronik dan perdagangan barang, pelayanan dan informasi yang dilakukan secara elektronik.

Karakteristik Penjualan Pada E-Commerce
• Terbuka untuk umum
• Servis yang digunakan bersifat umum dan
berdasarkan permintaan.
• sistim pendekatan client-server.

Pilar Keamanan E-Commerce
·         Authentication (keabsahan pengirim)
Identitas pengguna data teridentifikasi (tidak ada kemungkinan penipuan).
·         Confidentiality (kerahasiaan data)
Data tidak dapat dibaca oleh pihak yang tidak berhak.
·         Integrity (keaslian data)
Data tidak dapat diubah secara tidak sah.
·         Non-Repudiation (anti-penyangkalan)
Tidak ada penyangkalan pengiriman data (dari pihak penerima terhadap pihak pengirim).

Perbedaan E-Commerce Dengan Bisnis Yang Lain
 ini merupakan Keuntungan pada E-Commerce :
• Dapat meningkatkan pangsa pasar
• Menurunkan biaya operasional
• Melebarkan jangkauan (global reach)
• Meningkatkan kesetiaan pelanggan (customer loyalty)
• Meningkatkan supplier management
• Memperpendek waktu produksi
• Meningkatkan rantai nilai pendapatan (value chain)

Ringkasan dari banyak sumber

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar