Matematika adalah ilmu yang diperoleh melalui tangga musik dan rasional Konsep matematika yang dikembangkan adalah sebagai berikut (1) logika tentang bukti,(2) ide-ide empiris tentang hukum eksakta dan hukum alam (3) konsep operasi (4)matematika bergerak dari deskripsi yang bersifat statis kepada deskripsi yang bersifatdinamis5conny Semiawan,Th.I Setiawan, Yufiarti, Panorama Filsafat Ilmudalam bukuini yang dibahas hanya teori pythagoras(582-500SM) dikatakan Phytagoras menelitinada-nada alam dan nada-nada tangga nada musik. Dari hasil penelitiannya dia mendapatilham menciptakan sistem angka decimal 1-10, 11-20 dan seterusnya yang hingga kinidipakai seluruh dunia. yang kemudian mengilhami Plato (428 -347 SM) dan Aristoteles(384 sm-322 SM) dan pada perkembangan matematika dan filsafat rasional dunia barat.Dalam perjalanan ilmu yang bertolak dari matematika yang dipengaruhi oleh budayaislam ditemukan letak kiblat, penemuan pola kemungkinan simetris antara ruang danwaktu yang sifatnya statis, berbagai penemuan mengenai simetris-simetris kristal
. Sayang buku ini tidak memasukkan nama Al-kawarizmi, kalau maujujur selainPhytagoras. Cendikiawan yang lahir 1300 tahun kemudian punya andil besar dalamperkembangan matematika dunia. Apakah hanya cendikiawan yunani yang pantas selaludisebut-sebut dalam khazanah ilmu pengetahuan matematika.
2.Aritmetika
Menurut ibnu khaldunaritmatika Adalah pengetahuan tentang angka-angka yangdikombinasi di dalam deret hitung dan deret ukur. Disiplin ilmu ini adalah cabangnyapertama dari ilmu-ilmu matematis dan yang paling pasti. Ia masuk kedalam pembuktianmelalui hitungan. Buku-buku tentang ilmu ini ditulis As-Syifa, An-Najat oleh Ibnu
Sina.6
3. Aljabar
Merupakan cabang aritmatika : orang pertama yang menulis disiplin ilmu iniadalahal-Khawarizmi, dan sesudahnya , Abu Kamil Syuja bin Aslam . Buku yangterbaik adalah kitab karya al-Quraisyi .7
4.Aritmetika Bisnis
Cabang nya adalah hitung dagang . Aplikasinya banyak dilakukan dikota-kota . Bisnis yang berkenaan dengan jual beli barang, pengukuran tanah , zakat, dan semu bisnis lain yang punya hubungan dengan angka-angka Dan Ilmuwan Andalusia yang terkenal dengan ilmu dagang adalah Hitung dagang Az-Zahrawi, Ibn As-Samah dan Abu Muslim Ibn Khaldun , dan murid Maslamah Al-Majriti.8
4.Faraid adalah cabang aritmetika
Untuk menghitung bagi ahli-ali waris yang berhak (dzawil furudl).Agar penyelesaianmasalah pembagian waris ini dapat adil danbenar, disiplin ilmu ini penting . PadaMahzab malik,lahirlah bukunya Ibnu Tsabit, Kitab Ringkasan Qadli Abu al-Qasim al- Hufi, Karya Ibnu al-Munmir, al-ju’adi, al-Shuradi , namun yang tertinggikaryaal-Hufi.Berdasarkan mahzab as-Syafi’I , Iman al-Haramain . Demikian juga karya mazhab hanbali dan Hanafi.9
5. Ilmu Ukur
Mempelajari ukuran-ukuran kuantitas, ukuran itu boleh bersambung seperti garis,bidang datar, dan benda-benda geometris , Karya orang-orang Yunani dalam bidang iniyang sudah diterjamahkan kedalam bahasa Arab. Adalah bukuEukle ides yangditerjemahkan pada masa khalifah Abu Ja’far al-manshur menjadi buku pegangan parapelajar saat itu. Ringkasan Eukleides dibuat antara lain oleh Ibnu Sina dalam buku As- Syifa. Oleh as- Ibnu as- Shalt dalam buku al-Iqtishar10
6. Geometri
cabang ilmu pengukuran tanah (almisahah)istilah kubik, jengkal, unit lain menjadi dasar pengukuran ilmu ini
7. Optika
Merupakan cabang geometri ilmu yang menerangkan musabab terjadinyakesalahan dalam persepsi visual , dengan dasar pengetahuan tentang bagaimana sebab-sebab hal tersebut terjadi. Persepsi visual terjadi dengan melalui kerucut yangditimbulkan oleh sinar. Yang puncaknya adalah titik pandang dan pangkalnya adalahobyek yang dilihat. Ilmu ini juga membahas juga perbedaan melihat bulan pada laritudeyang berlainan (de Slane mencatat bahwa Ibnu Khaldun telah mengatakan Longitude-longitude). Sarjana yang paling terkenal membahas tentang ini adalah Ibnu al-Haitsan11.
8.Astronomi
Ilmu yang mempelajari gerakan bintang- bintang yang tetap dan planet-planet,astronomi menarik kesimpulan berdasarkan metode geometris tentang adanya bentuk-bentuk tertentu dan bermacam-macam posisi lingkaran yang mengharuskan terjadinya . 899. (Khaldun hal 661). 10. ibid hal 662 11. ibid Hal 665) gerakan yang dapat dilihat dengan indra itu. Dan astronomi juga membuktikan bahwamisalnya dengan adanya presisiequinox-equinox, pusat bumi tidaklah identik denganpusat lingkaran kecil (epicycle) yang membawa (bintang-bintang) dan bergerak di dalamlingkaran yang besar. Lalu melalui gerakan bintang-bintang yang tetap, astronomimembuktikan adanya lingkaran falak kedelapan. Dibuktikan juga bahwa bintang tunggalmemiliki sejumlah deklinasi.
Orang yunani mempergunakan alat yang mereka sebut Astrolab (dzat i-halg).Dalam islam pada masa al-makmun dibangun alat observasi besar yang dikenal Astrolab,tapi tidak selesai kemudian pondasi bangunan ini lenyap, dan dilupakan Karya terbaik bidang ini adalah Majisti (Al-Magest ) yang dikarang oleh Ptolomeus (raja Yunani ) sedang filosof muslim terkemuka seperti Ibnu Sina meringkasnya dalam Asy-Syifa, Ibnu Rusyd (filosof Andalusia) juga meringkas karyaptolomeus . Ibn as-Samah dan ibn as-Shalt dalam kitab al-Iqtishar, Ibn al-Farghani.memiliki ringkasan astronomi12
8.Tabel-tabel astronomi
Ilmu yang menjadi cabang astronomi ini berisi tabel-tabel berdasar hitunganmenurut rumus aritmatika . berkenaan dengan perjalanan gerak khusus bagi setiapbintang serta watak gerakan itu, cepat , lambat, lurus , balik dan seterusnya denganmenghitung gerakan-gerakannya menurut hukum-hukum yang berlaku. Tabel inimengikuti bermacap prinsip dasar yang sudah ditetapkan yang menyangkut pengetahuantentang apogee (titik terjauh dari bumi dan peredaran suatu satelit) dan deklinasi-deklinasi, berbagai macm gerakan dan bagaimana hal-hal ini melepaskan satu hinggapada lainnya. Para sarjana menuliskan pada tabel-tabel disebut tabel-tabel astronomi(azyaj). Penetapan posisi bintang pada suaktu waktu tertentu dalam bidang ini disebutpenyetelan tabulasi.
Sarjana yang menulis beberapa buku tentan masalah ini adalah Al-Battani danIbnu Al-Khamad. Ibn ishaq sarjana yang melakukan observasi astronomi pada 619(1222)13
9. Fisika
Menuru Ensiklopedi Islam Fisika adalah ilmu pengetahuan yang membahasmateri, energi, dan interaksinya. Ruang lingkup fisika amat luas, mencakup strukturmateri, sifat berbagai wujud materi dan interaksinya.
Menurut ibnu Khaldun Fisika adalah Ilmu yang membahas tentang tubuh-tubuhdari titik pandang gerakan dan diam yang melekat padanya. Fisika mempelajari tentangtubuh-tubuhsamawi dan substansi elementair, sebagaimana juga manusia, binatang ,tumbuhan dan barang tambang yang diciptakan dari padanya. Perihal mata air , gempayang timbul dalam bumi, juga awan, uap , guntuh, kilat, dan badai yang terdapat dalamatmosfir dan lain-lain. Selanjutnya mempelajari tubuh, yaitu jiwa dalam berbagai bentukdimana ia muncul pada manusia dan binatang-binatang dan tumbuhan
12 (Khaldun hal 666 – 667)
13 (Khaldun Hal 667)
Buku-buku Aristoteles tentang fisika di ringkas dalam asy-Syifa karya ibnu Sina.Kemudian Ibnu Sina meringkas kembaliAsy-Syifa didalam kitab An-Najah dan al-isyarat. Ibnu Sina seakan–akan menetang Aristoteles dan banyak mengemukakanpendapatnya sendiri sedang Ibn Rusyd meringkas tapi tidak menentang .14
10. KEDOKTERAN
Kedokteran adalah cabang ilmu fisika yang mempelajari tentang tubuh manisiadari segi sehat dan sakitnya. Dokter berusaha menjaga kesehatan dan menyembuhkanpenyakit dengna bantuan obat-obatan dan makanan. Galen atau galinus ilmuwan yang hidup jaman nabi Isa karya-karya kedokterannya merupakan induk dari ilmu kedokteran sesudahnya, Dalam islam terdapat dokter-dokter terkemuka sepertiar-Ra zi (Muhammad ibn Zakaria ) 251-313H /866-925 M,al-Majusi (Ali ibn al-Abbas abad ke 10), danIbnu Sina. Dan dari kalangan Andalusia yang paling terkenal adalah Ibn-Zuhr (Abdul Malik bin Zuhr (avenzoar) wafat 557 (1162)
Menurut Ibnu khaldun Kedokteran tidak disebut dalam ilmu hadist shahih . karenaMuhamad tidak diutus Allah untuk masalah kedokteran tapi masalah syariat-syariatagama. hal ini telah terjadi ketika pada saat Nabi ditanya tentang proses perkawinanpohon korma, maka sabdanya.kalian lebih mengetahui masalah-masalah duniakalian(daripada saya). Maka tidak satupun dari pernyataan-pernyataan mengenaikedokteran yang terdapat dalam hadist shahih boleh dinyatakan sebagai suatu syariat. Takada satu dalilpun menunjukan itu. Yang boleh hanyalah apabila jenis medis semacam itudipergunakan untuk memperoleh berkah dan kebenaran ikatan keimanan, sehinggamempunyai pengaruh manfaat yang besar. Bagaimanapun itu bukan termasuk kedokteranhumoral tetapi akibat dari keimanan yang tulus. Sebagaimana terjadi dalam pengobatansakit perut dengan madu. Dan Allah memberikan petunjuk kepada yang benar , tiadatuhan selain Dia.15(Khaldun hal 667)
0 komentar:
Posting Komentar